Responsive Ads Here

Sabtu, 11 Maret 2023

Memaksimalkan Canva Untuk Membuat Media Pembelajaran yang Menyenangkan

Canva, hampir semua pelaku digital mengetahui platform serbaguna ini. Meskipun mulai populer sejak pandemi, sejatinya Canva telah jauh dikenal sejak 2013 dan telah memiliki lebih dari 60 juta pengguna aktif dari seluruh dunia. Yang membuat aplikasi ini menjadi populer dengan cepat adalah kemampuannya yang memungkinkan siapapun untuk bisa membuat desain berbasis image dengan mudah, bahkan bagi orang yang tidak memiliki basic desain grafis sekalipun.

Makes complex things simple.

Hebatnya lagi, Canva bisa dimanfaatkan oleh siapapun mulai dari pegiat digital seperti digital marketer hingga guru. Ya, bukan rahasia lagi jika fitur-fitur di Canva juga sangat powerful untuk digunakan sebagai tool untuk membuat media pembelajaran yang menyenangkan. Nah, bagaimana memaksimalkan Canva sebagai alat untuk membuat media pembelajaran yang menyenangkan?

Tetapi sebelum kita membahas mengenai cara untuk memaksimalkan Canva untuk membuat media pembelajaran, mari kita mengenal terlebih dahulu apa itu Canva.

SEKILAS CANVA

Canva merupakan platform untuk merancang produk desain grafis secara digital dengan lebih mudah dan cepat daripada tool serupa manapun. Bahkan bagi orang yang sebelumnya belum mengenal apa itu desain grafis dan software pengolah desain grafis seperti Photoshop, Illustrator, hingga CorelDRAW, membuat produk desain digital terasa sangat mudah dan cepat.


Hebatnya, Canva bisa diakses melalui aplikasi ataupun via web browser. Selain itu Canva juga tersedia dalam dua versi, yaitu versi gratis dan berbayar (Pro). Tentu saja untuk versi berbayar memiliki fitur yang lebih lengkap daripada versi gratis. Tetapi kita bisa mengakses Canva Pro dengan gratis tanpa membayar. Bagaimana caranya? Simak postingan ini sampai akhir.

FUNGSI CANVA

Secara sederhana, Canva sangat berguna sebagai alat bantu pembuatan media digital mulai dari sekedar postingan biasa hingga postingan profesional. Pada perkembangannya, Canva juga memiliki berbagai template yang cocok digunakan untuk pengembangan media ajar sekolah sehingga Canva secara perlahan juga mulai menggeser eksistensi PowerPoint, meskipun dalam beberapa bagian PowerPoint masih lebih unggul. Diantara fungsi dan kegunaan Canva adalah:

  • Merancang desain untuk presentasi
  • Powerful sebagai platform untuk membuat berbagai konten sosial media, mulai dari postingan biasa, feeds, ads, story, dan masih banyak lagi dengan ukuran yang telah disesuaikan
  • Mendesain banner untuk header media sosial hingga ads
  • Editing video cepat, mudah, dan praktis
  • Mendesain flyer, brosur, iklan, CV, resume, letterhead, postcard, dll
  • Merancang berbagai jenis diagram, worksheet, workplan, mindmap, kolase, hingga membuat wallpaper sendiri untuk smartphone
  • Menyediakan berbagai template menarik untuk membuat presentasi media ajar, dengan tambahan grafis statis ataupun animasi
FITUR-FITUR CANVA

Salah satu yang menyebabkan Canva banyak digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia adalah kemudahan dan fiturnya yang lengkap. Bagi beberapa orang, mendesain sesuatu secara digital merupakan hal yang sulit dan cukup menyita waktu, tetapi Canva mengubah hal tersebut sehingga siapapun bisa membuat desain untuk kebutuhan konten digitalnya dengan mudah dan terlihat profesional. Selain itu fiturnya sangat lengkap, meskipun tidak semuanya gratis tetapi sebagian besar masih bisa dinikmati oleh pengguna non-Pro. Misalnya,

  • Tersedia 750.000+ template yang siap digunakan, dan tentu saja template ini akan selalu bertambah mengingat Canva memiliki contributor yang siap merancang desain-desain baru yang inovatif dan profesional. Hebatnya, semua template ini editable alias bisa diedit secara bebas oleh pengguna.
  • Ratusan icon dan ilustrasi juga tersedia di Canva sebagai salah satu opsi yang bisa digunakan ketika mendesain sebuah konten. Icon dan ilustrasi yang ada di Canva tidak main-main karena sangat profesional dan premium.
  • Meskipun banyak diketahui Canva merupakan image editor, Canva nyatanya juga bisa digunakan sebagai tempat untuk melakukan editing file PDF. Cukup eksport file PDF dan pengguna bisa langsung melakukan editing file PDF tersebut dengan mudah. Setelah selesai, pengguna bisa mengunduh file tersebut ke dalam file sesuai keinginan.
  • Canva Live, mungkin fitur ini jarang digunakan tetapi Canva Live ini merupakan salah satu fitur menarik yang ditawarkan oleh Canva. Pengguna bisa melakukan presentasi langsung secara online. Audience yang mengikuti presentasi juga bisa berpartisipasi dalam presentasi tersebut. Canva Live juga aman karena audience yang ingin bergabung harus memasukkan 6 kode digit yang didapatkan langsung melalui Canva.
  • Berbagai pilihan font premium juga ditawarkan oleh Canva, sehingga pengguna bisa menyesuaikan font dengan konten yang akan dibuat. Pengguna tak perlu repot-repot mengunduh font kemudian menginstal di perangkat karena di Canva pengguna tinggal memilih font yang diinginkan kemudian edit, selesai.
  • Canva juga memberikan fitur yang memungkinkan pengguna membuat sebuah kelompok atau komunitas di dalam Canva. Hal ini sangat menarik karena siapapun yang tergabung dalam satu kelompok akan bisa melihat konten apa saja yang sudah dibuat oleh teman satu kelompoknya. Bahkan antaranggota juga bisa melakukan kolaborasi untuk membuat sebuah desain yang spektakuler.
  • Editing foto dan membuat frame juga bisa dilakukan menggunakan Canva. Berbagai filter-filter menarik bisa dipilih oleh pengguna ketika melakukan editing foto. Agar desain terlihat lebih rapi dan teratur, pengguna bisa mengatur grid dan memberikan frame sehingga hasilnya akan lebih menarik.

CANVA EDU (CANVA FOR EDUCATION)

Pada perkembangannya, Canva memiliki sebuah layanan menarik bagi para pendidik baik guru, dosen, atau pemerhati pendidikan untuk menggunakan layanan Canva Edu, yang sangat powerful sebagai media untuk membuat bahan ajar yang menyenangkan bagi para siswa.


Dikutip dari Canva, Canva Edu merupakan layanan tambahan dari Canva yang dirancang secara interaktif, sehingga bisa menyelenggarakan pembelajaran secara menyeluruh dan bisa dilakukan secara virtual. Pembelajaran virtual akan sangat bermanfaat ketika siswa mengalami suatu waktu dimana berkumpul dalam suatu kelas merupakan hal yang sulit. 

Guru, dosen, atau pemerhati pendidikan lainnya memang akan sangat cocok untuk menggunakan layanan Canva Edu ini karena layanan ini terkoneksi dengan berbagai platform digital lain seperti Dropbox, Google Drive, hingga Google Classroom - yang mana merupakan platform-platform populer dalam pembelajaran jarak jauh. 

KEUNTUNGAN CANVA EDU

Seperti yang dikemukakan di awal, Canva terbagi menjadi dua yaitu layanan gratis dan pro, dimana layanan gratis memiliki keterbatasan dalam beberapa fitur. Sementara jika ingin menggunakan versi pro, pengguna harus menyediakan alokasi dana untuk bisa mengakses fitur-fitur lengkap yang disediakan.

Sementara itu, jika menggunakan Canva Edu, pengguna bisa menggunakan ribuan template, icon, ilustrasi premium yang ada pada Canva secara gratis. Sekitar 60.000 template poster, infografis, ribuan font, dan lebih dari 800.000 akses untuk icon dan ilustrasi premium. 

Pengguna Canva Edu juga bisa menyulap akun Canva miliknya menjadi sebuah kelas virtual yang bisa diikuti oleh seluruh siswa. Ketika hal ini terjadi, Canva akan menjadi sebuah tempat virtual yang menarik, dimana di dalamnya siapapun bisa melakukan interaksi mulai dari melakukan presentasi langsung hingga saling menyapa dan memberikan komentar.

Mengenai cara untuk membuat kelas virtual di Canva, bisa disimak pada video di bawah ini


Lalu, bagaimana cara mendaftar Canva Edu? Jangan lewatkan artikel selanjutnya tentang cara mendaftar Canva Edu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar