Responsive Ads Here

Rabu, 08 Maret 2023

Contoh Kegiatan Sekolah Selama Bulan Ramadhan & Contoh Buku Kegiatan Ramadhan untuk SD

Bulan Ramadhan sudah semakin dekat. Pada momen-momen Ramadhan berbagai kegiatan biasanya dilakukan di sekolah-sekolah sebagai salah satu cara untuk melewati momen berpuasa dengan kegiatan yang bermanfaat. Nah, agar peserta didik tidak mudah merasa bosan dan mengantuk ketika berada di sekolah, sekolah perlu memberikan variasi terutama memperbanyak kegiatan-kegiatan yang menyenangkan sehingga peserta didik tidak mudah merasa bosan dan mengantuk. Di bawah ini ada beberapa contoh kegiatan yang cocok dilaksanakan di sekolah selama bulan Ramadhan, khususnya bagi peserta didik yang beragama muslim.


1. Tadarus Al-Qur'an

Sekolah bisa mengatur jadwal kegiatan bagi siswa untuk memperbanyak kegiatan tadarus Al-Qur'an. Kegiatan ini tentu merupakan kegiatan yang relevan dan positif untuk mengisi waktu selama bulan Ramadhan. Peserta didik juga bisa diarahkan agar mengikuti kegiatan tadarus ini bukan hanya di sekolah tetapi juga di rumah, atau di masjid, dan mencatatnya pada buku laporan kegiatan.

2. Sahur dan Buka Puasa Bersama

Untuk buka puasa bersama biasanya sekolah mengadakan waktu khusus, dengan mengundang tokoh untuk mengisi kegiatan sebelum waktu berbuka. Bisa dengan pengajian-pengajian, atau permainan-permainan yang membuat peserta didik bersemangat. Untuk sahur bersama, tentu dilakukan bersama keluarga masing-masing.

3. Menjaga Kebugaran Selama Berpuasa

Bukan rahasia lagi jika selama berpuasa peserta didik merasa kelelahan, lemas, hingga mengantuk. Untuk itu sekolah bisa memberikan jadwal kegiatan bagi peserta didik yang tetap membuat mereka merasa segar. Selain itu sekolah bisa memberikan menu-menu untuk sahur dan berbuka yang sehat, yang mencukupi kebutuhan air selama berpuasa di siang hari.

4. Mengikuti Kegiatan Sosial

Sekolah bisa menyarankan agar peserta didik mengikuti kegiatan sosial yang dilaksanakan di tempat tinggal masing-masing. Hal ini selain bisa mengisi waktu luang, juga merupakan sarana yang baik untuk peserta didik berlatih tentang empati dan membantu sesama. Pada momen bulan Ramadhan kegiatan seperti ini biasanya banyak dilaksanakan oleh remaja-remaja masjid.

5. Mengatur Waktu Belajar

Salah satu kendala bagi peserta didik selama berpuasa dalam mengikuti pembelajaran adalah rasa ngantuk dan lemas. Oleh karena itu, sekolah bisa mengatur waktu pembelajaran di sekolah agar peserta didik tidak cepat merasa ngantuk. Selain itu juga waktu belajar di rumah juga perlu diatur agar peserta didik tetap bisa mengikuti pembelajaran dengan baik.

Kegiatan-kegiatan di atas adalah beberapa contoh kegiatan yang bisa dilakukan oleh peserta didik selama menjalani puasa Ramadhan. Dengan mengikuti berbagai kegiatan, harapannya peserta didik tidak merasa lemas dan malas-malasan karena merasa lapar. Hal ini juga bisa melatih peserta didik dalam mengatur kegiatannya. Sekolah bisa memberikan buku panduan untuk kegiatan-kegiatan itu agar peserta didik bisa mengikuti kegiatan dengan baik dan teratur.

Nah, panduan kegiatan tersebut bisa berupa buku kegiatan Ramadhan atau buku laporan Ramadhan. Bagi sekolah-sekolah yang ingin memberikan buku kegiatan Ramadhan untuk peserta didik bisa mengunduh dari tautan di bawah ini. 

BUKU LAPORAN KEGIATAN RAMADHAN V 1

DOWNLOAD

BUKU LAPORAN KEGIATAN RAMADHAN V 2

DOWNLOAD

BUKU LAPORAN KEGIATAN RAMADHAN V 3

DOWNLOAD

BUKU LAPORAN KEGIATAN RAMADHAN V 4

DOWNLOAD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar