Responsive Ads Here

Sabtu, 25 Maret 2023

Contoh Rancangan Kurikulum untuk Kegiatan Ramadan di Sekolah

Pada momen bulan Ramadan, sekolah-sekolah biasanya mengadakan kegiatan bertema Ramadan untuk mendukung kegiatan peserta didik agar lebih memahami dan semangat menjalani puasa dan kegiatan lain selama Ramadan. Kegiatan bertema Ramadan ini biasanya dilaksanakan oleh sekolah-sekolah Islam seperti Madrasah hingga pondok pesantren. Tetapi tak menutup kemungkinan untuk sekolah-sekolah umum juga melaksanakan kegiatan Ramadan dengan memperhatikan aspek-aspek tertentu.

Bagi sekolah yang berencana untuk melaksanakan kegiatan Ramadan di sekolah, tentu harus membuat perencanaan yang tepat agar kegiatan berlangsung dengan lancar dan tertib. Perencanaan kegiatan ini tentu meliputi salah satunya adalah kegiatan apa saja yang akan dilaksanakan. Kemudian dengan format yang seperti apa nantinya kegiatan tersebut dilaksanakan.

Nah bagi sekolah-sekolah atau lembaga pendidikan lain yang ingin mengadakan rencana kegiatan Ramadan, bisa menggunakan contoh kurikulum yang dirancang untuk kegiatan peserta didik selama Ramadan. Di dalam contoh kurikulum kegiatan Ramadan ini terdapat beberapa tema keislaman yang diangkat dan dibahas sehingga nantinya peserta didik lebih memahami pengetahuan tentang Islam secara umum.

Kegiatan Ramadan di Sekolah dan Contoh Buku Catatan Kegiatan Ramadan

Misalnya, peserta didik diberikan materi tentang sejarah Islam yang jarang dibahas ketika pembelajaran di kelas. Hal itu tentu akan sangat menarik, apalagi kemudian jika sejarah Islam ini juga sampai ke sejarah Islam di Indonesia, mulai dari awal masuk, perkembangan, hingga saat ini. Pengetahuan semacam itu sangat penting sehingga peserta didik perlu mengetahui pengetahuan-pengetahuan umum semacam itu.

Atau bisa juga dengan pendalaman ketrampilan membaca Al-Qur'an. Agar peserta didik tidak merasa bosan, bisa dengan memutar beberapa video yang menampilkan beberapa cara baca Al-Qur'an yang berasal dari beberapa negara atau beberapa etnis berbeda kemudian peserta didik diminta mencari perbedaan dari beberapa cara baca tersebut. Hal ini cukup penting dan perlu diketahui peserta didik agar nantinya perbedaan-perbedaan semacam itu tidak menjadikan sebuah jarak antara satu dengan yang lain.

Intinya, kegiatan selama Ramadan ini memang dirancang untuk mengajak peserta didik agar lebih menghayati dan menikmati setiap momen selama Ramadan dengan kegiatan yang bermanfaat, dan menghindarkan peserta didik dari kegiatan-kegiatan yang kurang bermanfaat selama Ramadan. Kurikulum ini tentu bisa disesuaikan dengan kondisi sekolah masing-masing dan peserta didik masing-masing agar nanti hasilnya bisa lebih maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar