Responsive Ads Here

Minggu, 05 Maret 2023

Kumpulan PTS Semester 2 K13 Kelas 1 - 6 SD Semua Mapel Lengkap Dengan Kisi-Kisi

Penilaian Tengah Semester (PTS) merupakan salah satu proses evaluasi bagi peserta didik yang telah menempuh setengah materi dari keseluruhan materi untuk satu semester. Pada kelas-kelas yang masih menggunakan Kurikulum 13, PTS ini tentu menjadi salah satu hal wajib yang harus dilaksanakan, berbeda dengan kelas yang menggunakan Kurikulum Merdeka, dimana STS atau bahkan SAS tidak wajib.

Pada kelas yang masih menggunakan PTS, proses evaluasi ini sangat penting karena bisa dijadikan acuan bagi guru dalam mengevaluasi apakah proses pembelajaran yang selama ini telah dilaksanakan efektif atau belum. Dengan proses evaluasi tersebut guru bisa melakukan hal-hal yang perlu ditingkatkan untuk keefektifan pembelajaran.

Sementara itu bagi peserta didik, penilaian tengah semester atau PTS merupakan cara untuk mengetahui sampai di mana tingkat pemahaman mereka akan materi yang telah dipelajari. Hanya saja, untuk bisa dijadikan sebagai alat ukur pemahaman peserta didik, guru harus menyusun soal yang benar-benar sesuai untuk siswa, bukan hanya sekadar berupa soal-soal yang harus dikerjakan oleh peserta didik.

Dengan semakin dekatnya waktu PTS, tentu guru harus selalu mengingatkan peserta didik agar selalu belajar dan aktif mengikuti pembelajaran. Selain itu kolaborasi antara guru dan orang tua akan menjadi sangat penting pada momen-momen seperti ini karena ketika di rumah tentu pengawasan penuh berada di bawah orang tua. Kesehatan peserta didik mutlak harus diperhatikan oleh kedua pihak. 

Apalagi pada kondisi yang tidak menentu seperti saat ini dimana penyakit menular seperti flu mudah sekali menyebar, sehingga peserta didik harus selalu diingatkan agar selalu beristirahat dengan teratur, makan makanan yang cukup gizi, dan minum air putih yang cukup. 

Nah, bagi bapak ibu guru yang membutuhkan beberapa contoh soal untuk PTS, di bawah ini kumpulan soal PTS semester 2 untuk kelas 1 - 6 SD semua mata pelajaran yang telah lengkap dengan kisi-kisi sehingga kumpulan soal ini bisa dijadikan sebagai pelengkap administrasi guru.

PTS Semester 2 Kelas 1 SD

PTS Semester 2 Kelas 2 SD

PTS Semester 2 Kelas 3 SD

PTS Semester 2 Kelas 4 SD

PTS Semester 2 Kelas 5 SD

PTS Semester 2 Kelas 6 SD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar