Responsive Ads Here

Senin, 16 September 2024

Download Soal Sumatif Tengah Semester 1 Kelas 4 SD Lengkap Kisi-Kisi, Kunci Jawaban, dan Pedoman Penilaian TA 2024-2025

Secara umum asesmen merupakan suatu proses yang dilakukan oleh guru untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman peserta didik mengenai suatu materi dan juga digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah direncanakan - di Kurikulum Merdeka disebut CP atau Capaian Pembelajaran. Nantinya hal ini bisa dijadikan sebagai pedoman atau panduan bagi guru untuk menentukan apakah peserta didik tersebut telah mencapai tujuan yang ditentukan atau belum. Asesmen sumatif sebagai salah satu bentuk asesmen biasanya dilaksanakan pada akhir lingkup materi, atau akhir semester, atau di akhir fase. Khusus untuk sumatif akhir semester di Kurikulum Merdeka sifatnya adalah pilihan, terutama jika nilai peserta didik sudah dirasa cukup maka sumatif akhir semester bisa ditiadakan.


Tentu jika guru merasa bahwa peserta didik masih membutuhkan tambahan nilai, atau guru masih membutuhkan konfirmasi atas hasil yang sudah dicapai oleh peserta didik, asesmen sumatif ini bisa dilaksanakan. Yang perlu diketahui, asesmen sumatif ini bisa dilaksanakan dalam berbagai format, tidak melulu berupa kertas ujian seperti yang selama ini diketahui, namun bisa membuat portofolio, membuat produk atau karya, performa, dan lain-lain.


Singkatnya, asesmen sumatif di Kurikulum Merdeka bukanlah sesuatu yang wajib dilaksanakan hanya saja asesmen ini jika memang dirasa perlu terutama untuk mengetahui sejauh mana perkembangan peserta didik mengenai suatu materi, maka guru bisa melaksanakan asesmen sumatif ini. Jadi di Kurikulum Merdeka guru lebih mendapatkan kebebasan mengenai pelaksanaan asesmen sumatif.

Berikut di bawah ini ada beberapa contoh soal untuk Asesmen Tengah Semester 1 Kelas 4 SD untuk semua mapel yang diampu guru kelas, sekaligus kisi-kisi, kunci jawaban, dan juga pedoman penilaian. 

Bahasa Indonesia

Download

Matematika

Download

IPAS

Download

Pendidikan Pancasila

Download

Bahasa Jawa

Download

Tidak ada komentar:

Posting Komentar