Responsive Ads Here

Jumat, 06 Januari 2023

Lingkup Materi dan Tujuan Pembelajaran Kelas 4 SD Semester 2 Semua Mapel


Ruang Lingkup dan Materi Ajar

 Bahasa Indonesia

 

Bab 5 : Bertukar atau Membayar

Tujuan Pembelajaran

1.      Siswa dapat memahami tujuan dan pesan yang disampaikan penulis dalam tulisannya.

2.      Siswa dapat mencari dan menggunakan informasi dari beragam sumber.

3.      Siswa dapat memahami dan menggunakan tanda baca dalam penulisan angka atau nilai uang.

4.      Siswa dapat memahami dan menulis teks prosedur.

 

Bab 6 : Satu Titik

Tujuan Pembelajaran

1.         Siswa dapat mengidentifikasi dan memahami kata-kata baru pada teks.

2.         Siswa dapat menyampaikan pendapat tentang isi dan ilustrasi teks.

3.         Siswa dapat memahami kejadian dan perubahan perasaan tokoh dalam cerita.

4.         Siswa dapat menggunakan kalimat efektif.

 

Bab 7 : Asal-usul

Tujuan Pembelajaran

1.      Siswa dapat memahami instruksi yang disampaikan secara audio.

2.      Siswa dapat menemukan dan mengidentifikasi informasi di dalam teks dan gambar.

3.      Siswa dapat menyampaikan pendapat tentang informasi di dalam teks.

4.      Siswa dapat membuat teks narasi menggunakan kata penghubung antarkalimat.

 

Bab 8 : Sehatlah Ragaku

Tujuan Pembelajaran

1.      Siswa dapat menyebutkan permasalahan yang dialami tokoh di dalam cerita.

2.      Siswa dapat menilai kesesuaian antara ilustrasi dengan isi teks.

3.      Siswa dapat membedakan informasi fakta dan opini.

4.      Siswa dapat menulis dengan struktur awal-tengah-akhir menggunakan kaidah bahasa Indonesia yang baik danbenar.

 

 

 

 

 

 

 

 

Ruang Lingkup dan Materi Ajar

Pendidikan Pancasila

 

Bab 4 : Negaraku Indonesia

Tujuan Pembelajaran

1.      menjelaskan makna Negara Kesatuan Republik Indonesia;

2.      mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat memperkuat Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia;

3.      menganalisis arti penting keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia;

4.      memberi contoh sikap dan perilaku yang menjaga lingkungan sekitar dalam upaya menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia;

5.      memberi contoh sikap dan perilaku yang merusak lingkungan sekitar serta membahayakan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia;

6.      menunjukkan sikap bangga sebagai bangsa Indonesia.

 

Bab 5: Pola Hidup Gotong Royong

Tujuan Pembelajaran

1.      membangun tim dan mengelola gotong royong untuk mencapai tujuan bersama;

2.      memberikan contoh pelaksanaan gotong royong untuk mencapai tujuan bersama;

3.      mengidentifikasi kebutuhan, baik secara individual maupun kolektif;

4.      memberikan contoh kebutuhan, baik secara individual maupun kolektif;

5.      mengondisikan keadaan di lingkungan dan masyarakat untuk menghasilkan kondisi dan keadaan yang lebih baik;

6.      menunjukkan sikap dan perilaku positif dalam mengondisikan keadaan di lingkungan dan masyarakat untuk

7.      menghasilkan kondisi dan keadaan yang lebih baik;

8.      menganalisis hal yang dianggap penting dan berharga kepada orang-orang yang membutuhkan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ruang Lingkup dan Materi Ajar

Matematika

 

Bab 3 : Pola Gambar dan Bilangan

Tujuan Pembelajaran

1.      menemukan pola gambar membesar dan mengecil;

2.      membuat pola gambar membesar dan mengecil;tnedmom

3.      menemukan pola bilangan membesar dan mengecil;

4.      membuat pola bilangan membesar dan mengecil.

 

Bab 4: Pengukuran Luas dan Volume

Tujuan Pembelajaran

1.      mengukur luas dengan satuan baku dan tidak baku dengan benar;

2.      menduga luas dengan satuan baku dan tidak baku dengan benar;

3.      mengukur volume dengan satuan baku dan tidak baku dengan benar,

4.      menduga luas dengan satuan baku dan tidak baku dengan benar.

 

Bab 5 : Bangun Datar

Tujuan Pembelajaran

1.      mengidentifikasi segi banyak, segi banyak beraturan, dan segi banyak tidak beraturan dengan benar;

2.      menuliskan ciri-ciri segitiga (sama kaki, sama sisi, sembarang, lancip, tumpul, dan siku-siku) dengan benar,

3.      menuliskan ciri-ciri segi empat (jajargenjang, trapesium, layang-layang, belah ketupat, persegi, persegi panjang dan segi empat sembarang) dengan benar;

4.      menyusun beberapa bangun datar dengan berbagai cara yang mungkin dengan benar,

5.      mengurai satu bangun datar dengan berbagai cara yang mungkin dengan benar.

 

Bab 6: Piktogram dan Diagram Batang

Tujuan Pembelajaran

1.      menampilkan data dalam bentuk diagram gambar (piktogram) dengan benar;

2.      menafsirkan data dari diagram gambar (piktogram) dengan benar;

3.      menampilkan data dalam bentuk diagram batang dengan benar;

4.      menafsirkan data dari diagram batang dengan benar.

 

 

 

 

 

 

 

Ruang Lingkup dan Materi Ajar

 IPAS

 

Bab 5 : Cerita tentang Daerahku

Tujuan Pembelajaran

1.      menceritakan perkembangan sejarah daerah tempat tinggal;

2.      mengidentifikasi dan menunjukkan kekayaan alam yang ada di daerah tempat tinggal;

3.      menelaah pengaruh perkembangan daerah terhadap kehidupan perekonomian masyarakat di daerah tempat tinggal.

 

Bab 6 : Indonesiaku Kaya Budaya

Tujuan Pembelajaran

1.    mendeskripsikan keragaman budaya dan kearifan lokal di daerahnya masing-masing

2.    mengetahui manfaat dan pelestarian keragaman budaya di Indonesia.

 

Bab 7 : Bagaimana Mendapatkan Semua Keperluan Kita?

Tujuan Pembelajaran

1.      mengenal cara mendapatkan barang kebutuhan;

2.      mengaitkan pemahaman terhadap kebutuhan dan keinginan dengan nilai guna barang dan skala prioritas;

3.      mengenali nilai uang sebagai alat tukar dalam jual beli;

4.      menjelaskan alur kegiatan ekonomi dalam kegiatan jual beli sebagai salah satu cara pemenuhan kebutuhan manusia

 

Bab 8 : Membangun Masyarakat yang Beradab

Tujuan Pembelajaran

1.        mempelajari norma dan adat istiadat;

2.        membedakan peraturan tertulis dan tidak tertulis;

3.        mengidentifikasi norma dan pentingnya norma di dalam lingkungan masyarakat.

 

 

 

 

 

 

 

 

Ruang Lingkup dan Materi Ajar

Seni Rupa

 

Bab 7 : Komik Sederhana Tentang Sahabat dan Keluarga

Tujuan Pembelajaran

1.      Siswa diajak memahami masalah sampah dan lingkungan.

2.      Siswa dilatih peduli dengan masalah lingkungan dalam bentuk respons yang kreatif.

3.      Siswa berlatih dilatih membuat desain (merancang) produk dari sampah plastik berdasarkan prinsip desain yang baik.

 

Bab 8 : Menabung pada Celengan Indah Buatan Sendiri

Tujuan Pembelajaran

1.      Siswa dilatih membuat karya kriya mangandung manfaat langsung.

2.      Siswa diperkenalkan pada unsur seni rupa (desain/rancangan) pada karya fungsional.

3.      Siswa dipupuk untuk hidup hemat.

4.      Siswa dilatih mandiri.

 

Bab 9 :Membuat dan Menghias Layang-Layang

Tujuan Pembelajaran

1.      Siswa dapat memahami desain layang-layang.

2.      Siswa mengerti unsur sains dalam layang-layang.

3.      Siswa dapat merancang layang-layang.

4.      Siswa dapat menggambar/melukis/menghias layang-layang.

5.      Siswa dapat mengoperasikan layang-layang.

 

Bab 10 : Membuat Shadow Puppet (Wayang) yang Menakjubkan

Tujuan Pembelajaran

1.      Siswa dapat memahami bentuk dan fungsi dasar/sederhana wayang.

2.      Siswa dapat mengidentifikasi hubungan wayang dengan seni rupa dan seni dan tradisi.

3.      Siswa dapat membuat tokoh wayang versinya sendiri.

4.      Siswa dapat menjelaskan wayangnya dan memainkannya secara mandiri atau berkelompok.

 

Bab 11 : Menghias Jadwal Pelajaran

Tujuan Pembelajaran

1.      Siswa dapat memahami bentuk dan fungsi dasar/sederhana jadwal pelajaran.

2.      Siswa dapat merancang jadwal pelajaran hias.

3.      Siswa dapat membuat jadwal pelajaran hias berdasarkan rancangannya.

4.      Siswa dapat menjelaskan jadwal hias rancangannya.

Bab 12 : Kelas Apresiasi: Bertemu Seniman dan Pengrajin Setempat

Tujuan Pembelajaran

1.      Siswa dapat mengalami pertemuan dengan seniman atau pengrajin setempat.

2.      Siswa dapat memahami karya dan penuturan seniman atau pengrajin setempat.

3.      Siswa dapat mengamati karya dan penuturan seniman atau pengrajin setempat.

4.      Siswa dapat menuliskan pengalaman, pemahamannya dalam sebuah esai.

5.      Siswa dapat menjelaskan tulisannya dengan baik.

6.      Siswa dapat meningkatkan kemampuan apresiasi seni.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar