Responsive Ads Here

Selasa, 31 Januari 2023

Inilah Penampakan Garis Vertikal di Kalimantan Selatan yang Disebut Garis Malaikat

Bukan Indonesia namanya jika ada penampakan alam yang jarang terlihat menjadi viral. Seperti yang baru-baru ini terjadi di Kalimantan Selatan, dari sebuah video singkat di TikTok yang menunjukkan sebuah penampakan garis vertikal membelah awan dan langsung menuju ke matahari. 

Rekaman yang diunggah di TikTok ini diambil pada tanggal 29 Januari 2023 lalu oleh seorang pengguna TikTok dan mendapatkan banyak views dan komentar dari pengguna lainnya. Pada caption di video tertulis, "Ahad, 29 Januari 2023, tepatnya haul Abah Guru Sekumpul terlihat fenomena alam di langit Kalsel."

Penampakan garis vertikal membelah awan dan langit seperti ini memang jarang terjadi sehingga tentu menarik perhatian siapapun yang kebetulan melihat fenomena tersebut. Uniknya, ujung garis tersebut berakhir tepat pada matahari yang tengah bersinar.

Bahkan pada rekaman video tersebut terdengar penumpang mobil yang bercakap-cakap membicarakan fenomena tersebut. Terdengar ada yang berbicara mengenai malaikat sedang turun ke bumi. Masih dari penumpang dalam mobil, ada juga yang menyebut fenomena alam ini sebagai fenomena garis malaikat.

Lalu bagaimana pendapat para ahli mengenai fenomena ini?

Menurut ahli dari BRIN, fenomena seperti ini sering disebut sebagai Contrails atau Condensation Trails, yang disebabkan karena jejak kondensasi embun dari emisi sisa pembakaran yang berasal dari mesin pesawat terbang. Didi Setiadi, peneliti dari BRIN tersebut juga mengatakan bahwa garis tersebut tidak hanya berada di bawah matahari tetapi juga terlihat di bagian atas matahari.

Mengenai cocoklogi yang sering dilakukan oleh masyarakat Indonesia ketika melihat objek yang seolah-olah objek tersebut menjadi seperti sesuatu yang dikenali, Didi Setiadi lebih lanjut mengatakan bahwa hal tersebut merupakan fenomena Pareidolia. Fenomena ini terjadi ketika seseorang melihat objek yang mirip dengan objek lain, misal tumpukan batu yang seolah terlihat seperti wajah manusia, dan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar