Responsive Ads Here

Selasa, 31 Januari 2023

Seleksi CPNS 2023 Dibuka, Fresh Graduate Bisa Mendaftar!

Kabar gembira datang dari Kemenpan RB bagi para pejuan ASN yang telah menunggu berita mengenai pembukaan seleksi CPNS di tahun 2023 ini. Pasalnya Kemenpan RB telah mengumumkan bahwa seleksi CPNS 2023 akan dibuka untuk umum, bukan hanya untuk tenaga honorer saja. Artinya, pada seleksi CPNS 2023 ini fresh graduate dan pelamar umum juga bisa ikut memeriahkan perebutan tempat untuk bisa menjadi ASN.
Hal ini seolah menjadi angin segar bagi para pelamar umum karena sebelumnya pada seleksi PPPK hanya khusus untuk mereka yang telah mengabdi menjadi tenaga honorer dalam jangka waktu tertentu sehingga fresh graduate dan pelamar umum hanya bisa gigit jari. Namun kini dengan pembukaan CPNS 2023 yang bisa diikuti oleh pelamar umum tentu menjadi kesempatan yang bagus.

Informasi ini bisa dikatakan valid karena dikatakan sendiri oleh Menpan RB Azwar Anas yang menyebutkan bahwa seleksi CPNS 2023 bisa diikuti oleh pelamar umum.

Hanya saja meskipun sudah dijelaskan bahwa seleksi CPNS 2023 dibuka untuk umum, belum ada informasi lanjutan dari Kemenpan RB khususnya terkait dengan jumlah kebutuhan formasi di tiap-tiap instansi pemerintah. Sampai saat ini pendataan masih dilakukan agar segera bisa melaporkan jumlah formasi di tiap-tiap instansi.

Setelah pendataan selesai, maka biasanya yang dilakukan adalah mempertimbangkan masukan dari Menteri Keuangan terkait dengan pembiayaan anggaran keuangan negara dan pertimbangan-pertimbangan teknis dari BKN.

Lalu kapan tepatnya seleksi CPNS 2023 dibuka? 

Menurut Alex Denni deputi bidang SDM Kemenpan RB, pembukaan seleksi CPNS 2023 akan dibuka pada bulan Juni 2023 mendatang. Untuk penetapan formasi CPNS 2023 akan dilakukan pada bulan April 2023. 

Lebih lanjut, Kemenpan RB menyatakan bahwa meskipun formasi CPNS 2023 dibuka untuk umum, ada beberapa profesi-profesi tertentu yang akan mendapatkan prioritas, diantaranya adalah hakim, jaksa, dosen, dan tenaga ahli digital. Untuk tenaga ahli digital pada seleksi CPNS 2023 ini disebut-sebut akan menjadi prioritas karena tenaga ahli digital digadang-gadang akan menjadi ujung tombak pendukung strategi pemerintah terkait dengan transformasi digital.

Nah, itulah beberapa informasi penting mengenai seleksi CPNS 2023 yang akan segera dibuka untuk umum. Bagi siapapun yang memiliki kualifikasi seperti yang dicari, dan ingin mengabdi pada negara dengan menjadi ASN, bisa mempersiapkan segalanya mulai dari sekarang agar nantinya hasilnya akan lebih maksimal.

Mengenai formasi-formasi yang banyak dibutuhkan pada seleksi CPNS 2023 mendatang, bisa dilihat di sini.

menpan.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar