Responsive Ads Here

Senin, 16 Januari 2023

Rangkuman Materi Semester 2 Bab 6 Mapel Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka

Untuk materi semester 2 kelas 4 SD mata pelajaran Bahasa Indonesia temanya adalah Satu Titik. Tujuan pembelajaran pada topik ini adalah:


Tujuan Pembelajaran:

  • mengidentifikasi dan memahami kata-kata baru pada teks
  • menyampaikan pendapat tentang isi dan ilustrasi pada teks
  • memahami kejadian dan perubahan perasaan tokoh pada cerita
  • menggunakan kalimat efektif

Pada bab ini siswa banyak diberikan teks, dan dari teks tersebut siswa akan mengidentifikasi dan memahami kosakata baru kemudian mengembangkannya pada berbagai model pertanyaan seperti mencari maknanya menggunakan KBBI, hingga menggunakan kata-kata tersebut pada kalimat rumpang.

Kemudian untuk kalimat efektif, peserta didik dikenalkan dengan ciri-ciri kalimat efektif dan tidak efektif. Peserta didik perlu mengetahui dan memahami penggunaan kalimat efektif karena hal ini bisa mempengaruhi pola pikir peserta didik. Jika peserta didik terbiasa menggunakan kalimat efektif, maka jika suatu saat peserta didik menemukan kondisi dimana mereka harus menjelaskan sesuatu, maka mereka bisa menjelaskan dengan tidak bertele-tele. 

Untuk pengertian dan ciri-ciri kalimat efektif dan kalimat tidak efektif sudah ada dalam rangkuman materi bab 6 semester 2 kelas 4 SD mapel Bahasa Indonesia yang bisa diunduh dari laman ini di bagian akhir nanti.

Pada materi selanjutnya di bab 6 semester 2 mapel Bahasa Indonesia kelas 4 ini, peserta didik juga akan lebih dikenalkan dengan puisi. Dalam pengenalan puisi pada materi ini, peserta didik akan diajarkan juga mengenai penggunaan majas, yaitu majas sebagai salah satu formula untuk membuat puisi agar lebih bermakna. 

Majas yang juga akan dipelajari peserta didik pada bab 6 mapel Bahasa Indonesia kelas 4 SD adalah majas metafora. Peserta didik akan dikenalkan apa itu majas metafora, contoh-contoh majas, contoh penggunaan serta sebagai tindak lanjut peserta didik akan diminta membuat kalimat secara mandiri yang di dalamnya terdapat majas metafora.

Beberapa materi tersebut akan dipelajari oleh siswa di semester 2 ini mapel Bahasa Indonesia pada bab 6. Bagi bapak ibu guru yang membutuhkan rangkuman materi untuk mengajarkan materi-materi di atas, bisa langsung diunduh di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar