Selain menyiapkan nilai raport, tugas guru kelas atau wali kelas yang lainnya pada setiap akhir semester adalah membuat analisis penilaian akhir semester. Analisis penilaian ini penting karena bisa digunakan sebagai instrumen bagi guru untuk merencanakan tindak lanjut untuk pembelajaran selanjutnya. Untuk saat ini guru sebenarnya sudah lebih dimudahkan dalam menyusun analisis penilaian per semester karena sudah ada aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan analisis penilaian ini. Tetapi sebelum lanjut ke aplikasinya, sebenarnya apasih analisis penilaian ini?
Analisis Penilaian Semester untuk Sekolah Dasar
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, analisis memiliki beberapa makna diantaranya (1) merupakan penyelidikan terhadap suatu peristiwa (karangan, perbuatan, dsb) untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya (sebab musabab, duduk perkara, dsb) (2) pemecahan persoalan yang dimulai dengan dugaan akan kebenarannya.
Sementara dari sumber yang sama, penilaian bermakna suatu proses, cara, perbuatan menilai; pemberian biji (biji, kadar mutu, harga) ~ penelaahan yang lengkap.
Dari kedua pengertian tersebut bisa diartikan bawah analisis penilaian semester adalah penyelidikan atau suatu proses terhadap kegiatan pembelajaran selama satu semester di sekolah meliputi pemberian materi, ulangan, hingga asesmen sebagai salah satu pertimbangan dalam pemberian nilai.
Dengan demikian analisis penilaian semester ini penting bagi guru sebagai salah satu alat dalam mempertimbangkan nilai siswa sebelum menjadi nilai akhir untuk dicantumkan pada raport di akhir semester. Dengan melakukan analisis penilaian, guru bisa merencanakan langkah apa yang harus dilakukan selanjutnya terkait dengan pembelajaran atau pemberian materi untuk siswa.
Fungsi Analisis Penilaian untuk Sekolah Dasar
Analisis penilaian semester dilakukan oleh guru bukan semata-mata hanya untuk mengesahkan tugasnya dalam membuat administrasi, tetapi analisis penilaian memiliki fungsi. Diantara fungsi-fungsi analisis penilaian ini diantaranya adalah (1) sebagai alat untuk mengukur dan menilai tingkat pencapaian kompetensi dasar, (2) analisis penilaian juga bisa dijadikan sebagai alat untuk mengetahui keunggulan dan kelemahan proses pembelajaran sebagai acuan untuk pembelajaran selanjutnya, dan (3) sebagai alat diagnosis dan perbaikan pembelajaran.
Tujuan Analisis Penilaian untuk Sekolah Dasar
Dalam penyusunan analisis penilaian untuk Sekolah Dasar ini tentu juga memiliki tujuan-tujuan yang ingin dicapai. Tujuan ini tentu dimaksudkan agar ke depannya guru bisa merancang pembelajaran yang sesuai unntuk siswa. Diantara tujuan analisis penilaian ini diantaranya adalah: (1) mengatur tingkat penguasaan kompetensi dalam sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang sudah atau belum dikuasai oleh siswa, (2) untuk menetapkan ketentuan penguasaan kompetensi belajar siswa dalam jangka waktu tertentu meliputi harian, tengah semester, akhir semester dan penilaian akhir tahun, (3) untuk merancang program perbaikan dan pengayaan berdasarkan penguasaan siswa, dan (4) memperbaiki proses pembelajaran untuk semester berikutnya.
Dari beberapa uraian di atas, guru memang diharapkan untuk merancang dan membuat analisis penilaian akhir selain sebagai administrasi pribadi guru juga sebagai instrumen atau pertimbangan guru untuk merencanakan proses pembelajaran selanjutnya, terutama yang berkaitan dengan pemberian materi untuk siswa; dalam hal ini metode atau media yang digunakan dalam penyampaian materi.
Untungnya sekarang guru sudah semakin dimudahkan dalam menyusun analisis penilaian karena sudah tersedia aplikasi untuk merancang analisis penilaian. Aplikasi untuk menganalisis penilaian akhir semester ini dirancang untuk memudahkan guru sehingga tidak memerlukan waktu lama karena aplikasinya dirancang seperti aplikasi raport. Untuk aplikasi analisis penilaian akhir semester ini khusus untuk Sekolah Dasar kelas 2, 3, 5, dan 6 atau kelas-kelas yang masih menggunakan Kurikulum 13. Bagi bapak ibu guru yang menginginkan aplikasi ini bisa langsung diunduh di sini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar