Daftar nilai merupakan salah satu administrasi yang harus dimiliki oleh guru atau pendidik sebagai salah satu instrumen yang bisa digunakan guru untuk mempermudah melakukan evaluasi pembelajaran. Pada kurikulum terbaru, yaitu Kurikulum Merdeka, format daftar nilai untuk siswa berbeda dengan format daftar nilai yang digunakan dalam Kurikulum 13. Perbedaan ini karena ada komponen-komponen yang berbeda pada kedua kurikulum tersebut sehingga daftar nilai pun harus disesuaikan.
Tetapi sebelum kita langsung menuju ke contoh format daftar nilai Kurikulum Merdeka, ada baiknya kita mengingat kembali apa itu penilaian, terutama yang berhubungan dengan tugas kita sebagai guru atau pendidik. Hal ini perlu diingat kembali karena bagaimanapun penilaian merupakan hal yang penting, terutama kaitannya nanti di akhir proses pembelajaran.
PENGERTIAN PENILAIAN
Penilaian berasal dari kata "nilai" yaitu sesuatu yang menunjuk pada tuntunan perilaku yang membedakan perbuatan baik dan buruk, atau bisa juga diartikan sebagai kualitas kebaikan yang melekat pada sesuatu (Sulfemi, 2019:1).
Sementara penilaian menurut BSNP (2007:9) adalah serangkaian kegiatan untuk memperoleh, menganalisis, dan menafsirkan data tentang proses dan hasil belajar peserta didik yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan. Sementara Nana Sudjana (1995:3) menyatakan bahwa:
"Penilaian adalah proses memberikan atau menentukan nilai kepada objek tertentu berdasarkan suatu kriteria tertentu. Proses pemberian nilai tersebut berlangsung dalam bentuk interpretasi yang diakhiri dengan judgment. Interpretasi dan judgment merupakan tema penilaian yang mengimplikasikan adanya suatu perbandingan antara kriteria dan kenyataan dalam konteks situasi tertentu."
Dari pengertian tersebut bisa disimpulkan bahwa penilaian merupakan suatu proses yang penting terutama dalam kaitannya dengan mengambil keputusan tentang hasil belajar siswa atau peserta didik.
TUJUAN & FUNGSI PENILAIAN
Secara singkat, penilaian bertujuan untuk mengetahui kemajuan proses belajar siswa, serta menjadi alat untuk memperbaiki dan meningkatkan kegiatan belajar siswa dengan selanjutnya bisa digunakan sebagai alat untuk memberikan umpan balik atau feedback sekaligus menjadi acuan atau pedoman bagi guru untuk melakukan perbaikan pelaksanaan dan hasil belajar.
Sementara Cronbach dalam Hamalik (2002: 204) menuliskan fungsi dari penilaian adalah sebagai berikut:
- membantu siswa merealisasikan dirinya untuk mengubah atau mengembangkan perilakunya.
- membantu siswa mendapat kepuasan atas apa yang telah dikerjakannya.
- membantu guru untuk menetapkan apakah metode mengajar yang digunakannya telah memadai.
- membantu guru membuat pertimbangan administrasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar