Responsive Ads Here

Minggu, 28 April 2024

Golongan Honorer ini Akan Mendapatkan Jalur Khusus Pendaftaran PPG Daljab

PPG merupakan salah satu cara bagi pengajar atau guru untuk mendapatkan pengakuan atas profesinya, dengan bukti sertifikat. Sertifikat tersebut akan menjadi bukti bahwa seorang pengajar atau guru diakui secara profesional. Selama ini ada dua jenis PPG yang diketahui, yaitu PPG Daljab dan PPG Prajab. PPG Daljab merupakan PPG yang dikhususkan untuk guru yang telah mengajar dan sudah terdaftar di Dapodik dan juga telah mengajar selama dalam jangka waktu tertentu. Sistem pendaftaran PPG Daljab ini juga berupa undangan ke guru bersangkutan melalui akun SimPKB. Sementara untuk PPG Prajab merupakan PPG mandiri bagi lulusan baru mahasiswa pendidikan atau lulusan umum yang ingin berkarir sebagai guru.

Kemudian pada prakteknya PPG ini ternyata menyisakan banyak masalah terutama untuk yang PPG Daljab, terutama dengan kuota yang terbatas setiap tahun. Akibatnya antrian PPG Daljab ini menjadi sangat lama, terutama untuk para guru negri yang menunggu antrian PPG Daljab. 


Sementara itu untuk peraturan baru mengenai PPG Daljab, terutama bagi guru honorer yang sudah mengajar dalam jangka waktu lama dan belum mendapatkan undangan PPG Daljab, ada angin segar terkait dengan pendaftaran PPG Daljab. Bahkan untuk beberapa jenis honorer ini akan mendapatkan jalur khusus atau tiket khusus.


Kemdikbud Rancang Skema Baru untuk PPG dan Sertifikat Pendidik

Pendaftaran PPG Daljab 2024 Segera Dibuka, Ini Jadwal dan Regulasinya


Untuk honorer yang mendapatkan keistimewaan dalam pendaftaran PPG Daljab tersebut kurang lebih ada 7 (tujuh) diantaranya adalah;


  • Guru Penggerak
  • Guru Berprestasi
  • Guru di Daerah 3T (Tertinggal, Terluar, dan Terdepan)
  • Guru dengan kebutuhan khusus
  • Guru yang memiliki karya inovatif
  • Guru yang memiliki pengalaman internasional
  • Guru yang telah mengikuti PPKG (Program Penguatan Kualitas Guru)

Dengan adanya jalur khusus untuk beberapa kelompok honorer tersebut, kemungkinan akan berlangsung lebih awal daripada perekrutan reguler PPG Daljab yang umum di tahun 2024 ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar