Responsive Ads Here

Rabu, 10 Januari 2024

Cara Membuat Rencana Kinerja pada Pengelolaan Kinerja di Aplikasi Platform Merdeka Mengajar

Platform Merdeka Mengajar menjadi salah satu media yang belakangan sering dijadikan media pembelajaran bagi pendidik untuk memperdalam skill dan ketrampilan terutama terkait dengan penerapan Kurikulum Merdeka. Di dalamnya terdapat video-video pembelajaran dari orang-orang yang berkompeten dan juga terdapat tugas-tugas yang bisa dikerjakan oleh pendidik kaitannya dengan penguatan materi Kurikulum Merdeka secara umum dan tugas sebagai guru. Akan tetapi akhir-akhir ini Platform Merdeka Mengajar (PMM) menjadi platform multi-program karena pendidik juga diharuskan untuk mengisi tugas-tugas tertentu, seperti yang sedang ramai dibahas: Pengelolaan Kinerja.
Pengisian rencana kinerja guru di tahun 2024 ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena di tahun ini pengisian rencana kinerja diisi melalui PMM. Bagi guru yang tidak familiar dengan teknologi ataupun media terpadu seperti PMM, tentu mengalami kesulitan. Sehingga dalam hal ini, peran guru-guru yang lebih muda dan melek teknologi akan sangat membantu dalam hal pengisian ini, agar terjadi kolaborasi dan kerjasama yang baik antar-guru di sekolah.

Sementara itu untuk langkah-langkah pengisian rencana kinerja pada pengelolaan kinerja di Platform Merdeka Mengajar (PMM) adalah sebagai berikut;

1.  Langkah pertama tentu saja harus login ke akun PMM menggunakan akun belajar.id.
2.  Pada tampilan awal "home" bisa dipilih ke menu Pengelolaan Kinerja dengan klik icon tersebut.
3. Jika halaman awal Pengelolaan Kinerja sudah tampil, akan muncul notifikasi yang meminta kita untuk mengkonfirmasi info akun yang di dalamnya ada info Nama pemilik akun dan unit kerja. Pemilik akun bisa mencocokkan data tersebut dengan data di Dapodik, jika ada perubahan bisa dirubah kemudian klik Simpan. Jika sudah sesuai bisa klik Data.
4. Lanjut dengan klik bagian Riwayat kemudian klik Lakukan Perencanaan yang akan diarahkan ke 5 tab baru, yakni Praktik Pembelajaran, Pengembangan Kompetensi, Tugas Tambahan, Perilaku Kerja, serta Rangkuman.
5. Kemudian bisa lanjut dengan klik tab Praktik Pembelajaran untuk memilih satu indikator rekomendasi yang menjadi fokus peningkatan kinerja berdasarkan dari rapor pendidikan serta juga hasil diskusi dengan Kepala Sekolah. Perlu untuk diketahui jika terdapat 6 indikator dari tiga dimensi yang dapat Anda pilih. Mulai dari Dimensi Manajemen Kelas yang terdiri dari Penerapan Disiplin Positif hingga dengan Keteraturan Suasana Kelas.
6. Dimensi Dukungan Psikologis itu sendiri yaitu dari 3 indikator, yaitu Umpan Balik Konstruktif, Perhatian dan Kepedulian juga Ekspektasi pada para Peserta Didik.
7. Sementara untuk Dimensi Metode Pembelajaran terdiri dari 3 indikator. Diantaranya yaitu Aktivitas Interaktif, Instruksi Pembelajaran, serta Instruksi yang Adaptif.
8. Usai memilih, silakan langsung saja klik Simpan draf untuk melanjutkan lain waktu atau klik Ke Pengembangan Kompetensi apabila Anda ingin melanjutkan perencanaan.

Baca juga

9. Langkah selanjutnya, melalui tab Pengembangan Kompetensi pilih jenis pengembangan kompetensi yang paling efektif serta berdampak pada pribadi guru dalam bentuk Rencana Hasil Kerja (RHK). Karena tiap-tiap jenis pengembangan kompetensi mempunyai poin yang berbeda-beda, guru bisa dengan mudah memilih mana saja asal minimal poin total tiap semester yaitu 32.
10. Sejauh ini ada 18 jenis RHK yang dapat dipilih oleh guru berdasarkan hasil diskusi dengan Kepala Sekolah jika poin minimal belum terpenuhi.
11. Apabila menginginkan RHK lebih dari satu sebab poin masih kurang, guru dapat langsung klik Tambah pada bagian bawah.
12. Langkah selanjutnya yaitu dengan mengisi tugas tambahan berdasarkan Surat Tugas atau Surat Keputusan. Ada 21 tugas tambahan yang dapat dipilih sesuai dengan peraturan pihak pemerintah dalam hal ini Kemendikbudristek.
13. Selanjutnya, Anda bisa mengisi Perilaku Kinerja dengan cara klik Ke Perilaku Kinerja. Pengisian tersebut dilakukan dengan menjawab beberapa pertanyaan terkait aspek Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, hingga Kolaboratif. Dalam ketujuh aspek tersebut guru bisa dengan mudah memilih perilaku yang paling ingin difokuskan tahun 2024 dan bagaimana guru akan menerapkan perilaku tersebut di dalam kehidupan sehari-hari.
14. Langkah selanjutnya yaitu dengan melakukan pengecekan terhadap RHK yang sudah disusun dengan cara klik Ke Rangkuman. Para guru bisa mengecek Hasil Kerja Utama, Hasil Kerja Tambahan, serta Perilaku Kinerja sebelum mengajukan kepada Kepala Sekolah.

Nah itulah langkah-langkah mengenai pembuatan rencana kinerja pada pengelolaan kinerja yang ada di Platform Merdeka Mengajar yang harus diisi oleh guru, baik ASN ataupun Honorer. Karena rencana kinerja ini diambil dari Rapor Mutu Sekolah, maka rencana kinerja untuk satu sekolah bisa sama mengambil bagian mana di rapor sekolah yang mendapatkan hasil kurang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar