Responsive Ads Here

Senin, 28 Agustus 2023

Analisis Capaian Pembelajaran (CP) dalam Penyusunan Tujuan Pembelajaran (TP) dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

Dalam Kurikulum Merdeka, banyak hal-hal baru yang harus dipahami oleh guru sebagai pelaksana kurikulum di sekolah. Misalnya saja modul ajar, tujuan pembelajaran, alur tujuan pembelajaran, capaian pembelajaran, dan lainnya. Kurikulum Merdeka memberikan kebebasan bagi guru untuk menyampaikan pembelajaran yang sesuai dengan kondisi kelasnya. 

Pada Kurikulum Merdeka, guru diharuskan membuat modul ajar sebelum masuk ke kelas dan memberikan materi. Akan tetapi, sebelum membuat modul ajar, guru perlu melakukan analisis Capaian Pembelajaran (CP). Analisis ini kemudian bisa digunakan sebagai instrumen untuk merumuskan Tujuan Pembelajaran (TP) hingga menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).

Capaian Pembelajaran (CP) merupakan kompetensi yang harus dicapai oleh peserta didik di setiap fase, mulai dari Fase Pondasi hingga Fase F. Secara berurutan, fase dalam Kurikulum Merdeka yaitu:

Fase Pondasi (PAUD - TK) > Fase A (SD Kelas 1 - 2) > Fase B (SD Kelas 3 - 4) Fase C > (SD Kelas 5 - 6) kemudian lanjut ke Fase D (SMP Kelas 7 - 9) > Fase E (SMA Kelas 10) > Fase F (SMA Kelas 11 - 12).

Download Aplikasi Program Administrasi Kelas Lengkap, Mudah & Terintegrasi

Download Asesmen Diagnostik & Non-Diagnostik di Kurikulum Merdeka

Download CP dan ATP Fase C (SD Kelas 5 - 6)

Capaian Pembelajaran (CP) sudah disediakan oleh Kementrian, yang mana kemudian dipahami oleh masing-masing tingkat satuan pendidikan, dilakukan analisis hingga pada akhirnya sampai ke langkah akhir yaitu membuat modul ajar. Untuk mendapatkan CP, guru bisa langsung mengunduh melalui aplikasi PMM (Platform Merdeka Mengajar) atau bisa juga diakses melalui web.

Langkah-Langkah Melakukan Analisis CP, TP, dan ATP

Sebelum melakukan analisis, yang perlu dilakukan terlebih dahulu adalah mengidentifikasi elemen-elemen yang ada di dalam CP. Sebagai contoh di sini ada CP per elemen untuk mata pelajaran IPAS Fase B (Kelas 3 - 4 SD). 


Kalimat-kalimat yang berwarna pada CP per elemen pada tabel di samping, nantinya akan dijadikan sebagai Tujuan Pembelajaran (TP). Jadi dari elemen yang ada pada contoh di samping terdapat tiga TP yang didapatkan yaitu:

1.  Menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia (pancaindra).

2.  Membuat simulasi menggunakan bagan/alat bantu sederhana tentang siklus hidup makhluk hidup.

3. Mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaa pelestarian makhluk hidup.

Langkah-langkah tersebut (mengidentifikasi elemen) dilakukan secara keseluruhan hingga nantinya akan didapatkan semua TP yang terkandung dalam CP. Jika semua TP sudah teridentifikasi, maka kemudian bisa dirangkum menjadi seperti ini.


Jika semuanya telah selesai diidentifikasi dan dirangkum ke dalam kolom Tujuan Pembelajaran, yang selanjutnya adalah melengkapi analisis CP, TP, ke Alur Tujuan Pembelajaran (ATP). ATP ini bisa diisikan dengan menganalisis TP apakah suatu TP akan diajarkan di kelas berapa sesuai fasenya. Contoh, pada tabel di atas menggunakan CP IPAS Fase B maka nantinya pada ATP, guru bisa memilih apakah suatu TP bisa diajarkan di kelas 3 atau kelas 4. 


Lalu bagaimana cara menentukan suatu TP masuk ke kelas 3 atau kelas 4? Sebenarnya jika ingin menggunakan cara mudah, bisa menggunakan buku pendamping yang di dalamnya sudah ada materi-materinya sehingga bisa disesuaikan dengan buku tersebut. Akan tetapi guru bisa juga dengan mengidentifikasi tujuan pembelajarannya apakah suatu TP sudah sesuai dengan kemampuan anak kelas 3 atau kelas 4. Misalnya, menjelaskan proses perubahan bentuk energi merupakan kemampuan lanjutan dari kemampuan sebelumnya, misal seperti mengidentifikasi perubahan bentuk energi, dst.

Nah, demikianlah langkah untuk melakukakn analisis CP, TP, dan ATP sebelum akhirnya diolah kembali untuk disusun menjadi modul ajar yang siap digunakan sebagai pegangan guru dalam menyampaikan materi ke peserta didik di kelas. Sebagai contoh, di bawah ini ada contoh analisis CP, TP, dan ATP mata pelajaran IPAS yang sudah jadi untuk Fase B.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar