Responsive Ads Here

Kamis, 01 Juni 2023

Modul Ajar Kurikulum Merdeka Kelas 2 SD Semua Mapel Semester 1

Tahun ajaran baru 2022-2023 tinggal hitungan hari, yang artinya bagi beberapa kelas seperti kelas 5 SD dan 2 SD, sudah saatnya untuk menggunakan Kurikulum Merdeka sebagai kurikulum utama, menyusul kelas 1 SD dan 4 SD. Pergantian kurikulum ini tentu saja membawa konsekuensi bagi guru kelas 2 SD dan 5 SD agar segera mempelajari dan menyusun administrasi yang relevan. Artinya, guru harus segera menyusun Modul Ajar sebagai panduan untuk menyampaikan materi ke peserta didik menggantikan RPP.


Modul Ajar sebagai pengganti RPP tentu harus dimiliki oleh guru sebagai administrasi wajib. Oleh karena itu, guru harus bisa menyusun Modul Ajar secara mandiri. Penggantian istilah dari RPP ke Modul Ajar ini tentu tidak hanya berubah pada penyebutan saja, tetapi format dan kontennya juga memiliki perbedaan. Bagi guru kelas 5 SD yang mungkin belum begitu familiar dengan kurikulum terbaru ini, format umum yang biasa digunakan dalam penyusunan Modul Ajar adalah sebagai berikut:

Auto Cuan! Cara Mudah Dapet Dollar Hanya Dengan Sharing Video! 

Informasi Umum
A. Identitas Penulis
B. Profil Pelajar Pancasila
C. Peserta Didik
D. Model Pembelajaran
E. Sarana dan Prasarana
F. Kompetensi Awal

Komponen Inti
A. Capaian Pembelajaran (CP)
B. Tujuan Pembelajaran
C. Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)
D. Materi Pokok
E. Pemahaman Bermakna
F. Pertanyaan Pemantik
G. Asesmen
H. Kegiatan Pembelajaran

Lampiran
A. Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
B. Bahan Bacaan Guru dan Peserta Didik
C. Daftar Kata Sukar
D. Daftar Pustaka

Format di atas bisa dijadikan sebagai acuan guru untuk menyusun Modul Ajar. Beberapa istilah seperti CP atau ATP juga baru diperkenalkan pada kurikulum terbaru ini sehingga guru perlu mempelajari istilah tersebut. Selain itu guru juga perlu mengetahui Profil Pelajar Pancasila, karena elemen ini sangat penting pada Kurikulum Merdeka. 


Selain Modul Ajar untuk mata pelajaran reguler, pada Kurikulum Merdeka ini guru juga harus menyusun Modul untuk P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila). P5 ini merupakan "mata pelajaran" atau muatan khusus yang terpisah dengan mata pelajaran reguler, tetapi setiap harinya harus ada jam untuk muatan pelajaran P5 ini, karena hasil akhirnya adalah proyek yang bisa ditampilkan dan dipamerkan. 


Untuk contoh-contoh modul ajar kelas 5 SD semester 1  semua mapel, bisa langsung diunduh melalui tautan di bawah ini. Tentu nantinya modul ini bisa disesuaikan dengan kondisi sekolah dan kondisi siswa masing-masing sehingga hasilnya bisa lebih maksimal.

Unduh Modul Ajar Kelas 2 SD Semester 1


Tidak ada komentar:

Posting Komentar