Responsive Ads Here

Minggu, 07 Juli 2024

Unduh Program Transisi PAUD-SD Untuk Materi MPLS yang Menyenangkan

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau yang sering disebut dengan MPLS merupakan waktu peralihan dari pendidikan sebelumnya ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Bisa dari PAUD/TK ke SD, atau SD ke SMP sederajat, atau juga SMP sederajat ke SMA sederajat. Pada waktu-waktu tersebut sekolah biasanya menyelenggarakan program-program tertentu yang dirancang secara khusus untuk mengenalkan lingkungan baru ke peserta didik baru. Program-program kegiatan ini bisa beragam dan berbeda antara satu sekolah dengan sekolah lain tergantung kebutuhan.


Meski begitu, rancangan program MPLS diharapkan bisa menjadi kegiatan positif bagi peserta didik baru dan bisa selaras serta berkelanjutan dengan kegiatan-kegiatan selanjutnya. Oleh karena itu, penyusunan program kegiatan MPLS diharapkan memuat unsur-unsur seperti di bawah ini:

1. Membangun pondasi secara holistik. Dalam hal ini adalah pondasi dari peserta didik, dengan membangun pondasi meliputi aspek emosional, kemandirian, kemampuan berinteraksi dan bersosial dan juga tentu saja kemampuan kognitif. 
2. Membangun keterampilan literasi dan numerasi secara bertahap. Kemampuan literasi dan numerasi merupakan kemampuan yang mendapatkan porsi lebih di Kurikulum Merdeka sehingga sekolah perlu memikirkan program khusus untuk peningkatan keterampilan literasi dan numerasi.

Baca juga

Khusus untuk tingkat PAUD/TK ke SD, seringkali ada anggapan bahwa anak masuk SD sudah bisa calistung. Anggapan ini bahkan sudah diyakini oleh banyak pihak, sehingga perlu adanya koreksi atas anggapan tersebut. Koreksi atas anggapan keliru tersebut sebenarnya sudah dilakukan pada masa PPDB kemarin, khususnya di sekolah negeri. Pada pendaftaran peserta didik baru, tidak ada tes calistung. Jika tes tersebut sudah tidak dilakukan maka sekolah sudah melakukan koreksi atas anggapan yang keliru.

Selain itu, dengan meniadakan tes calistung untuk penerimaan peserta didik baru tingkat SD, maka sekolah juga telah melaksanakan Peraturan Pemerintah tentang penyelenggaraan pendidikan dan juga Peraturan Kemedikbudristek tentang penerimaan peserta didik baru.

Selanjutnya, untuk merancang program MPLS khusus untuk tingkat SD, sekolah bisa merancang sesuai dengan kebutuhan, dengan merancang kegiatan yang menyenangkan untuk anak-anak karena bagaimanapun peserta didik baru tingkat SD tentu masih merupakan peserta didik yang masih lebih banyak bermain. Oleh karena itu merancang kegiatan MPLS untuk tingkat SD perlu dipikirkan dengan matang-matang agar anak-anak tidak cepat bosan tetapi tetap berkualitas.

Namun jika kesulitan merancang kegiatan MPLS akan diwujudkan seperti apa, di bawah ini ada gambaran atau ide kegiatan MPLS untuk SD yang bisa dipelajari dan kemudian dikembangkan agar lebih sesuai dengan kondisi sekolah masing-masing. 

RANCANGAN PROGRAM MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH

Materi MPLS Transisi PAUD-SD yang Menyenangkan

Download

Kampanye Sekolah Sehat

Download

Bahan Ajar Program Transisi PAUD-SD

Download

Modul Fase Pondasi

Download

Modul Keterampilan Literasi

Download

Modul Keterampilan Numerasi

Download

Booklet Program Transisi PAUD-SD yang Menyenangkan

Download

Tidak ada komentar:

Posting Komentar