Responsive Ads Here

Senin, 24 Juli 2023

5 Aplikasi Untuk Pembelajaran Lebih Menarik dan Interaktif

Di era serba digital seperti sekarang, mau tidak mau guru juga harus mengikuti perkembangan terutama yang terkait dengan tugasnya sebagai pendidik. Proses pembelajaran yang tradisional, kaku, monoton, serta selalu berpusat pada guru tanpa ada ruang bagi peserta didik untuk berkembang serta berinteraksi, sudah tentu sangat ketinggalan jaman. Jika jeli dalam memanfaatkaan kondisi ini, guru harus cerdik dalam memanfaatkan kemajuan teknologi. Pemanfaatan teknologi yang tepat dalam pembelajaran akan memberikan nuansa dan pengalaman berbeda serta baru bagi peserta didik dan itu tentu menyenangkan. 

Di bawah ini ada beberapa aplikasi inovatif yang bisa digunakan oleh para guru agar membantu proses belajar mengajar menjadi lebih menarik dan inovatif, serta menghindarkan peserta didik dari kebosanan karena membuat peserta didik lebih berperan aktif dalam melakukan berbagai kegiatan yang mendukung pembelajaran. Aplikasi apa sajakah? 

EDMODO
Edmodo merupakan aplikasi interaktif yang sangat cocok digunakan untuk mendukung proses pembelajaran berbasis digital. Edmodo memungkinkan guru untuk membuat kelas virtual dengan berbagai fasilitas menarik yang bisa digunakan secara maksimal, diantaranya guru bisa berbagi materi pelajaran, tugas, hingga memberikan umpan balik pada peserta didik secara real-time. 
Secara tampilan, Edmodo sekilas mirip dengan Facebook yang tentu sudah sangat familiar bagi para peserta didik. Cara daftar aplikasi ini juga tidak rumit karena sama dengan seperti membuat akun sosial media lainnya. Aplikasi ini bisa digunakan baik menggunakan web atau menggunakan smartphone yang bisa diinstal via GooglePlay atau bisa langsung via web edmodoworld.com.

QUIZLET
Bagi guru yang gemar melempar pertanyaan-pertanyaan ke peserta didik ketika proses pembelajaran, Quizlet ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk membuat pembelajaran lebih menarik dan inovatif. Aplikasi Quizlet ini merupakan aplikasi permainan interaktif berbasis flashcard.
Flashcard sudah lama dikenal seabgai salah satu media yang bisa digunakan oleh guru untuk membuat pelajaran lebih menarik dan interaktif. Dengan aplikasi ini permainan flashcard dikemas dengan lebih menarik dan futuristik karena guru bisa mengemas berbagai jenis tugas, kuis, hingga permainan. Aplikasi ini bisa langsung diakses menggunakan smartphone, dengan terlebih dulu download via GooglePlay atau bisa ke quizlet.com.

PADLET
Aplikasi Padlet juga bisa digunakan guru dalam mendukung pembelajaran karena aplikasi ini memungkinkan guru untuk melakukan brainstorming ide, gagasan, hingga outline pembelajaran. papan tulis digital ini bisa diakses oleh peserta didik. 
Padlet ini juga memungkinkan guru atau pengguna untuk menyelipkan gambar, teks, hingga video ke dalam papan tulis digital sehingga tentu akan lebih mudah dipahami oleh peserta didik. Untuk memudahkan akses ke aplikasi ini, Padlet langsung bisa didownload via GooglePlay atau langsung ke web padlet.com.

NEARPOD
Nearpod bisa menjadi alternatif bagi guru untuk membuat presentasi yang biasanya menggunakan Ms. PowerPoint. Perbedaannya, Nearpod ini berbasis aplikasi yang bisa diakses baik melalui komputer/laptop ataupun smartphone dengan tampilan yang sama baiknya. 
Secara fungsi, Nearpod ini hampir sama dengan Ms. PowerPoint, dengan kemampuan yang juga hampir sama dengan power point buatan Microfost. Nearpod bisa langsung didownload via GooglePlay. Atau yang ingin mengakses via web bisa langsung ke nearpod.com.

KAHOOT
Aplikasi terakhir yang bisa digunakan guru untuk mendukung pembelajaran yang inovatif dan menarik adalah Kahoot. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat kuis dan game interaktif sehingga sangat cocok digunakan untuk mendukung proses pembelajaran di sekolah. 
Aplikasi ini memungkinkan guru untuk membuat berbagai macam kuis dan permainan yang sesuai dengan materi pelajaran. Selain itu guru juga bisa langsung memberikan feedback atau umpan balik pada peserta didik setelah menjawab kuis atau mengerjakan tugas. Untuk mencoba aplikasi ini bisa langsung ke kahoot.com atau download menggunakan smartphone via GooglePlay. Untuk mengakses via web bisa langsung ke kahoot.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar