Responsive Ads Here

Rabu, 13 Maret 2024

KemenpanRB Sebut Tes Hanya Formalitas, Honorer Akan Diangkat Menjadi PPPK di Tahun 2024

Harapan ribuan guru honorer nampaknya akan segera menjadi kenyataan. Di tahun 2024 ini seluruh honorer disebut-sebut akan diangkat menjadi PPPK. Kabar gembira ini bahkan dilontarkan secara langsung oleh Menteri PANRB Azwar Anas, yang disampaikan secara langsung di depan Komisi II DPR pada agenda Rapat Kerja di gedung parlemen pada Rabu, 13 Maret 2024 kemarin.
Jika hal tersebut memang benar nyata maka nasib sekitar 2,3 juta guru honorer di seluruh Indonesia akan membaik. Akan tetapi meskipun disebut akan langsung diangkat menjadi PPPK 2024, masih ada tes yang harus dilalui oleh guru honorer. Kabar baik lainnya, masih menurut Azwar Anas, tes CAT ini hanya dilaksanakan sebagai formalitas, yang fungsinya bukan untuk mencari nilai tertinggi tetapi sebagai pendataan ulang.

Pendataan ulang ini dilakukan sebagai validasi ulang karena kebenaran data yang ada di BKN (Badan Kepegawaian Negara) perlu dicek lebih lanjut.

Nantinya, guru honorer yang diangkat menjadi PPPK 2024 ini akan mendapatkan NIP. Namun perlu diketahui juga bahwa pengangkatan PPPK ini juga melihat kemapuan daerah masing-masing. Maksudnya, jika suatu daerah belum memiliki kemampuan untuk memberikan gaji yang maksimal maka guru honorer yang diangkat menjadi PPPK 2024 sifatnya lebih ke part-time. 

Sementara itu untuk daerah yang sudah mampu secara keuangan maka guru honorer akan diangkat sebagai PPPK full-time. Tetapi baik part-time maupun full-time, keduanya akan sama-sama mendapatkan NIP. Menteri Azwar Anas bahkan sampai menekankan, ""Jadi baik yang paruh waktu maupun penuh waktu 2,3 juta tadi pasti dapat NIP, pasti dapat NIP."

Bagi yang ingin menyaksikan rapat kerja di Komisi II DPR bisa langsung melalui tayangan YouTube di bawah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar