Responsive Ads Here

Selasa, 13 Juni 2023

Kumpulan Perangkat Ajar Kelas 2 SD Kurikulum Merdeka Lengkap

Menjelang akhir tahun pelajaran 2022 - 2023, guru kelas 2 SD dan 5 SD sepertinya akan lebih disibukkan dengan persiapan perubahan dari Kurikulum 13 ke Kurikulum Merdeka. Perubahan ini tentu akan mengakibatkan berbagai perubahan dan penyesuaian. Diantaranya tentu adalah perangkat ajar yang tentunya sangat berbeda dengan perangkat ajar Kurikulum 13. 



Kurikulum Merdeka sendiri bertujuan untuk memberikan kebebasan lebih besar kepada peserta didik dalam mengeksplorasi minat dan bakat mereka dengan memberikan kebebasan bagi peserta didik untuk memilih mata pelajaran yang ingin mereka pelajari, serta metode pembelajaran yang paling sesuai dengan gaya belajar mereka.

Prinsip utama dari Kurikulum Merdeka adalah memberikan kemandirian kepada peserta didik dengan cara mengajak peserta didik untuk menjadi subjek aktif dalam proses pembelajaran, dimana mereka memiliki peran aktif dalam menentukan tujuan belajar mereka sendiri. Hal ini bertujuan agar peserta didik dapat mengeksplorasi minat mereka secara mendalam, mengembangkan keterampilan yang mereka anggap penting, dan mengambil tanggung jawab atas proses pembelajaran mereka sendiri.

Dengan adanya Kurikulum Merdeka, diharapkan peserta didik akan lebih termotivasi dan terlibat dalam proses pembelajaran sehingga mereka akan memiliki kontrol yang lebih besar atas pendidikan mereka sendiri dan dapat mengembangkan potensi mereka secara lebih optimal. Kurikulum Merdeka merupakan langkah maju dalam pendidikan, menggabungkan kebebasan, kemandirian, dan pengembangan keterampilan yang relevan untuk menciptakan generasi yang siap menghadapi masa depan.

Pada kesempatan kali ini, kita akan memberikan beberapa contoh perangkat ajar Implementasi Kurikulum Merdeka yang bisa digunakan sebagai inspirasi atau panduan bagi guru kelas 2 SD sebelum memulai proses belajar mengajar menggunakan Kurikulum Merdeka tahun ajaran mendatang. Tentu contoh-contoh di bawah ini bisa disesuaikan dengan gaya mengajar, hingga disesuaikan dengan kondisi lingkungan sekolah dan juga peserta didik.

Kumpulan Perangkat Ajar IKM Kelas 2 SD

CP Kelas 2 SD Revisi 2022

 

ATP dan Modul P5

 

Buku Guru

 

Program Semester

 

Program Tahunan

 

Pendidikan Pancasila

ATP

 

Modul Ajar

 

Matematika

ATP

 

Modul Ajar

 

Bahasa Indonesia

ATP

 

Modul Ajar

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar