Responsive Ads Here

Senin, 08 Mei 2023

Menyesuaikan Pembelajaran Untuk Setiap Siswa: Manfaat RPP Berdiferensiasi (Beserta Contohnya)

Secara umum, RPP sudah banyak dikenal oleh pendidik sebagai panduan dalam memberikan materi atau bahan ajar di dalam kelas. Sementara itu saat ini dengan mulai berubahnya kurikulum yang digunakan, istilah RPP juga mulai tergantikan dengan Modul Ajar. Meskipun secara esensi keduanya sama, yaitu sebagai panduan pendidik dalam menyampaikan materi atau bahan ajar di kelas bagi peserta didik.

Dengan istilah dan komponen yang berbeda tersebut, Modul Ajar memang mulai banyak dipelajari dan digunakan, meskipun pada praktiknya masih banyak yang juga menggunakan RPP sebagai pegangan pendidik dalam menyampaikan materinya di dalam kelas. Selanjutnya, pengembangan RPP dikenal dengan sebutan RPP Berdiferensiasi.

RPP Berdiferensiasi merupakan RPP yang dirancang secara khusus untuk mengakomodasi kebutuhan peserta didik yang berbeda-beda, sehingga harapannya RPP ini bisa disusun untuk memenuhi dan memfasilitasi kegiatan belajar mengajar peserta didik yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Tujuan RPP Berdiferensiasi

Secara sederhana, tujuan disusunnya RPP Berdiferensiasi adalah untuk memastikan bahwa setiap peserta didik mendapatkan pengalaman belajar yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan mereka. RPP Berdiferensiasi mengakui setiap peserta didik memiliki kebutuhan dan keunikan yang berbeda-beda sehingga perlu diakomodasi dengan RPP yang dirancang secara khusus.

Langkah-langkah Merancang RPP Berdiferensiasi

Dalam merancang RPP Berdiferensiasi, pendidik perlu memperhatikan banyak hal agar nantinya RPP yang tersusun benar-benar bisa memenuhi kebutuhan dan kemampuan setiap peserta didik. Dalam merancang RPP Berdiferensiasi, pendidik bisa mempertimbangkan hal di bawah ini:

Pendidik perlu mempelajari karakter setiap peserta didik dengan cermat. Hal ini untuk mengetahui bagaimana kebutuhan dan kemampuan peserta didik. Untuk bisa mengetahui kebutuhan dan kemampuan peserta didik, pendidik perlu melakukan pengamatan melalui berbagai komponen seperti hasil belajar peserta didik, tes psikologi, hingga melakukan observasi kelas. 

Setelah beberapa hal yang diperlukan tersebut dilakukan, pendidik bisa melakukan analisis sehingga pendidik bisa menentukan strategi pembelajaran yang tepat untuk setiap peserta didik. Dalam menentukan strategi ini pendidik juga harus mengingat bahwa tidak semua peserta didik bisa menerima materi pelajaran dalam waktu yang sama, artinya ada yang cepat memahami tetapi ada juga yang perlu waktu lebih untuk memahami materi pelajaran.

Untuk merancang RPP Berdiferensiasi yang baik memang perlu waktu yang lebih, terutama dalam melakukan observasi mengenai setiap kemampuan peserta didik. Karena dalam observasi ini meliputi banyak hal yang harus diperhatikan seperti hasil belajar, durasi, hingga kemampuan akademik setiap peserta didik.

Tantangan dan Kesulitan dalam Penyusunan RPP Berdiferensiasi

Secara teknis, jika RPP Berdiferensiasi ini bisa dipenuhi dan diterapkan maka akan sangat mendukung pembelajaran, hanya saja memang banyak sekali tantangan bagi pendidik dalam menyusun RPP Berdiferensiasi yang berkualitas. (Untuk contoh RPP Berdiferensiasi bisa didonwload atau diunduh menggunakan link di akhir artikel).

Salah satu tantangan dalam penyusunan RPP Berdiferensiasi diantaranya adalah perencanaan untuk menyusun RPP ini membutuhkan waktu yang lebih lama dan memakan proses yang panjang dibandingkan dengan RPP biasa. Mengingat dalam RPP Berdiferensiasi banyak aspek dan komponen yang harus dianalisis untuk menghasilkan RPP yang berkualitas. Selain itu monitoring dan evaluasi peserta didik juga lebih terperinci.

Tantangan lainnya dalam penyusunan RPP Berdiferensiasi adalah kurangnya sumber daya dan dukungan dari sekolah. Misalnya, dalam penyusunan RPP Berdiferensiasi tentu membutuhkan buku-buku tambahan untuk mengakomodir kebutuhan peserta didik yang berbeda-beda, sementara buku-buku di perpustakaan sekolah biasanya sangat terbatas. 

Manfaat RPP Berdiferensiasi

Disamping tantangan dan kesulitan pendidik dalam mengembangkan dan menyusun RPP Berdiferensiasi, tentu ada manfaat yang sebenarnya juga bagus untuk masing-masing peserta didik. Diantaranya, peserta didik akan merasa lebih dihargai dan proses kegiatan belajar mengajar karena disesuaikan dengan kebutuhan mereka. Dengan peserta didik yang merasa dihargai dan dilibatkan secara lebih dalam proses kegiatan belajar mengajar, harapannya hasil pembelajaran akan membaik.

Itulah beberapa hal mengenai RPP Berdiferensiasi yang perlu diketahui, terutama bagi pendidik yang ingin merancang atau menyusun RPP Berdiferensiasi yang baik dan berkualitas, bisa memperhatikan beberapa hal di atas. Sementara bagi yang ingin mendownload contoh RPP Berdiferensiasi, bisa langsung klik tautan di bawah ini.

Contoh RPP Berdiferensiasi untuk Sekolah Dasar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar