Responsive Ads Here

Sabtu, 04 Februari 2023

Modul Ajar Seni Musik Kelas 1 dan Kelas 4 SD Semester 2 Implementasi Kurikulum Merdeka

Salah satu yang cukup menarik perhatian pada mata pelajaran yang diajarkan di SD khususnya untuk yang sudah melaksanakan Kurikulum Merdeka, adalah dipecahnya mata pelajaran SBdP atau Seni Budaya dan Prakarya menjadi beberapa mata pelajaran baru yaitu Seni Rupa, Seni Musik, Seni Teater, hingga Seni Tari. Hal ini sebenarnya cukup menarik untuk diteliti lebih lanjut, kenapa mata pelajaran kesenian benar-benar dibedakan, sementara untuk mata pelajaran IPA dan IPS malah digabung.
Akan tetapi terlepas dari hal tersebut, dengan dijadikannya beberapa mata pelajaran kesenian tersebut menjadi mata pelajaran mandiri, tentu guru harus memiliki atau membuat Modul Ajar sebagai bahan ajar atau panduan dalam kaitannya dengan pembelajaran di kelas. Bagi sekolah yang mampu, mungkin bisa menggunakan guru yang spesialisasinya sesuai dengan mata pelajaran, tetapi tak menutup kemungkinan ada juga guru kelas yang juga mengampu mata pelajaran tersebut.

Yang jelas apapun itu, sebagai pelaksana kurikulum, sekolah harus mematuhi apa yang sudah tertulis di kurikulum. Nah, bagi bapak ibu guru yang memerlukan modul ajar untuk mata pelajaran Seni Musik, baik itu untuk kelas 1 SD ataupun kelas 4 SD, di bawah ini ada contoh modul ajar yang bisa digunakan. Tentu modul ajar ini bisa diedit atau disesuaikan dengan kebutuhan sehingga akan lebih cocok digunakan untuk masing-masing sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar